7 Gejala Kehamilan Yang Patut Anda Ketahui

Ada beberapa gejala kehamilan yang sering dijadikan petunjuk untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak. Beberapa gejala kehamilan diantaranya adalah :

1. Amenore

Bagi wanita normal yang mengalami menstruasi secara teratur, amenore adalah salah satu bukti dini kehamilan, terutama bila gejala-gejala dini lainnya juga tejadi

2. Perubahan Payudara

Nyeri, nyeri tekan, terasa berat dan perbesaran adalah gejala awal perubahan payudara. Kemudian terjadi pigmentasi, perubahan puting, sekresi kolostrum dan perbesaran vena. Perubahan ini sangat signifikan pada wanita yang belum pernah hamil

3. Mual dan Muntah

Terjadi segera setelah periode menstruasi pertama tidak terjadi, banyak wanita mengalami derajat yang bervariasi dari mual, pening dan muntah. Hal ini disebut dengan morning sickness karena gejala-gejala lebih sering terjadi setelah sarapan pagi. Diyakini bahwa morning sickness adalah respons awal tubuh terhadap tingginya kadar progesteron. Gejala biasanya menghilang pada tiga bulan walaupun pada kasus tertentu muntah-muntah dapat lebih lama. Keadaan tersebut kemudian disebut pernicous vomiting (muntah-muntah pernisiosa) dan ditangani sebagai komplikasi abnormal pada kehamilan

4. Frekuensi Berkemih

Kongesti darah pada organ-organ pelvik meningkatkan sensitivitas jaringan. Tekanan karena perbesaran uterus pada kandung kemih menstimulasi saraf dan mentriger keinginan untuk berkemih selama kehamilan. Infeksi saluran perkemihan, trauma dan pertumbuhan tumor dapat menunjukkan gejala serupa

5. Leukorea (Keputihan)

Peningkatan sekresi vaginal disebabkan oleh efek stimulasi hormon pada kelenjar dan peningkatan suplai darah ke pelvik terjadi amat dini pada kehamilan. Setiap keluaran yang berlebihan, kuning kehijauan atau setiap perdarahan yang terjadi selama kehamilan adalah tidak normal dan harus segera diteliti.

6. Tanda Chadwick’s (Bercak Keunguan pada Vagina)

Suatu perubahan awal yang dapat terlihat pada pemeriksaan adalah warna mukosa vagina, yang menjadi ungu kebiruan karena meningkatnya suplai darah. Bagaimanapun, setiap kongesti pada pelvik dapat menyebabkan gejala-gejala ini, tidak hanya kehamilan.

7. Quickening

Quickening adah istilah kuno yang berarti “perasaan pertama adanya kehidupan”. Sensasi getaran ini seperti kupu-kupu terbang, yaitu dirasakan pertama oleh calon ibu sekitar 22 minggu masa gestasi. Bagi wanita yang sebelumnya pernah hamil mungkin merasakan gerakan pada 20 minggu. Walaupun tanda-tanda tersebut menguatkan bagi wanita, quickening tidak membuktikan kehamilan. Tanda-tanda ini subyektif, bukan bukti objektif yang nyata.

Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Mengetahui dirinya hamil untuk pertama kalinya merupakan saat yang tak terlupakan bagi seorang wanita. Pada kehamilan akan ditemukan beberapa gejala dan tanda-tanda awal kehamilan, yaitu :

1. Tidak Mendapat Haid/Menstruasi

Ini merupakan tanda pertama adanya kehamilan. Menstruasi berhenti karena rahim dipersiapkan untuk kehamilan. Sebaiknya Anda mengetahui kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), yang dapat digunakan untuk menentukan usia kehamilan dan kapan perkiraan persalinan. Hal yang perlu diingat adalah tidak mendapat haid selain sebagai tanda awal kehamilan juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya.

2. Mual dan Muntah

Dikenal sebagai “morning sickness” karena rasa mual dan muntah biasanya sering terjadi pada pagi hari di bulan-bulan pertama kehamilan. Tetapi, mual muntah ini dapat juga terjadi setiap waktu. Hampir 50% wanita hamil mengalaminya, dengan tingkat berbeda-beda. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal yang mendadak akibat proses kehamilan.

3. Sering Kencing/Buang Air Kecil

Terjadi karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar sehingga menimbulkan rasa ingin buang air kecil juga karena peningkatan hormon kehamilan. Keluhan biasanya pada awal kehamilan dan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.

4. Mengidam

Beberapa wanita akan merasa menginginkan makanan-makanan tertentu. Ini terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan. Belum diketahui secara ilmiah mengapa rasa seperti ini timbul.

5. Payudara Membesar

Payudara lebih besar dan kencang. Puting susu membesar dan berwarna lebih gelap, kadang-kadang terasa gatal dan sakit serta lebih sensitif terhadap sentuhan.

6. Sembelit atau Konstipasi

Terjadi pada 50% wanita hamil, dan ini terjadi karena perubahan hormonal dan penekanan rahim yang semakin membesar

7. Rasa Mengantuk

Timbul rasa mengantuk yang berlebihan meskipun sudah cukup tidur, yang bukan disebabkan oleh kelelahan tetapi karena adanya perubahan hormonal selama proses kehamilan.

One thought to “7 Gejala Kehamilan Yang Patut Anda Ketahui”

Comments are closed.