5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat Dan Tidak Keguguran

“5 Cara menjaga kehamilan muda agar tetap sehat dan tidak keguguran yang baik ”

Menjaga kehamilan bagi ibu yang baru memasuki masa kehamilan di trimester pertama merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Tidak menutup kemungkinan untuk ibu yang sudah hamil tua perlu penjagaan yang ekstra ketat agar janin atau jabang bayi yang dikandung terjaga dengan kondisi kesehatannnya.

Bagi ibu di awal kehamilan perlu diperhatikan baik-baik karena janin pada masa ini sangat rentan dan resiko untuk keguguran masih besar. Bagi ibu yang hamil yang terlihat normal dan sehat selama masa kehamilan, maka jauh dan terhindar dari masalah keguguran.

Berikut ini beberapa cara menjaga kehamilan yang baik dan benar, antara lain:

1. Perhatikan menu makan

Salah satu kiat menjaga kehamilan yang penting adalah berhubungan dengan konsumsi menu makanan setiap hari bagi yang hamil. Karena di masa awal kehamilan janin masih sangat lemah. Jika ibu hamil sampai mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang kurang bernutrisi maka akan mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nutrisi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan khususnya untuk penjagaan di awal kehamilan. Ibu hamil membutuhkan nutrisi tambahan, salah satunya zat besi yang menguatkan kandungan dan mengurangi terjadinya keguguran.

Kekurangan nutrisi di awal masa kehamilan maka akan mengganggu kondisi fisik ketika bayi dilahirkan. Untuk itu, perhatikan baik-biak menu makan di masa awal kehamilan.

2. Hindari obat-obatan dan merokok

Untuk menjaga kehamilan muda perlu diterapkan untuk menghindari berbagai macam bahan berbahaya yang membuat kondisi buruk dalam janin. Obat-obatan merupakan salah satu bahan kimia yang memiliki dampak negatif pada janin secara kesehatan. Pastikan untuk menghindari berbagai macam jenis obat walaupun itu obat ringan.

Begitu pun dengan merokok merupakan salah satu kegiatan yang sangat membahayakan untuk janin dan mudah terjadinya keguguran. Bukan hanya ibu yang merokok aktif namun ibu yang pasif juga akan terkena dampaknya. Untuk itu, bagi suami yang merokok segera untuk dihilangkan. Jauhkan dari ibu yang sedang hamil.

3. Istirahat dan beraktifitas yang cukup

Seimbangkan antara istirahat dan beraktifitas untuk setiap harinya. Hal ini penting untuk diperhatikan baik-baik. Disarankan bagi ibu hamil jangan terlalu banyak tidur dan istirahat yang nantinya akan membuat badan terasa pegal dan tidak nyaman.

Bagi ibu hamil muda pasti merasakan tidak nyaman. Untuk itu, solusi terbaiknya melakukan aktifitas yang ringan dan menjalankan jenis olahraga yang ringan di pagi hari.

4. Minum air putih

Perbanyak minum air putih bagi ibu hamil muda. Walaupun nanti efek yang ditimbulkan sering buang air kecil namun air putih sangat baik untuk memberikan kadar oksigen yang lebih untuk janin dan melancarkan sistem penceernaan dalam tubuh. Air putih juga menjaga kondisi kesehatan tubuh dan membuat ibu selalu segar dan riang.

5. Hindari stress dan kepikiran berat

Bagi ibu hamil muda, hindari mengalami stress yang berlebihan karena sesuatu hal atau melihat sesuatu yang membuat perasaan sakit. Selain itu, jangan terlalu berpikiran berat.

Hal ini penting untuk menjaga kesehatan janin dan mengurangi resiko keguguran. Gunakan waktu dengan banyak bercanda dan bergurau dengan suami, teman, saudara atau tetangga. Hal ini juag lebih baik dan menyehatkan janin serta pertumbuhannya sangat efektif.

Itulah cara menjaga kehamilan yang baik dan benar untuk ibu hamil muda khususnya. Sebagai suami yang bijaksana, ketika istrinya hamil muda luangkan waktu yang banyak untuk menjaga dan merawatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *